Welcome to Indi Gamer! Hope you enjoy and stay cool! :) I don't have much to say, Thanks!

Emulator Gratis : VisualBoyAdvance

VisualBoyAdvance (VBA) adalah sebuah emulator untuk menjalankan konsol populer milik Nintendo, yaitu Game Boy, Game Boy Color, dan Game Boy Advance. Emulator ini tersedia di berbagai jenis Operating System diantaranya Windows, Linux, Mac OS X, BeOS, dan BSD. Tak lupa, emulator ini juga di 'porting' ke AmigaOS 4, GameCube, Wii, webOS, dan Zune HD.

APA ITU VBA?

VBA adalah sebuah proyek emulator yang dikembangkan dan ditulis pertama kali menggunakan bahasa C dan C++ oleh Julian Henry Hitchcock atau yang lebih dikenal sebagai Forgotten. Proyek ini dijadikan proyek open source yang kemudian berhenti dan dilanjutkan oleh VBA Team yang dipimpin oleh kxu. Namun entah malas atau kenapa proyek ini diberhentikan pada tahun 2004 dan hanya menghasilkan seri VBA versi 1.8.0 beta 3 yang sangat populer hingga sekarang.
Waktu terus berjalan dan banyak developer lain 'mencuri' source code VBA sehingga perkembangannya pun masih terus berlanjut. Para developer tersebut melakukan banyak improvisasi dan modifikasi ke dalam VBA, seperti proyek terbaru besutan VBA-M Dev Team yaitu VBA-M. VBA yang satu ini menggabungkan fitur dari berbagai proyek VBA lain.

Selain itu terdapat VBA Link yang akhir-akhir ini sering saya gunakan. Seperti namanya, seri VBA ini menghadirkan fitur multiplayer yang dimiliki oleh konsol sebenarnya. Fitur ini dapat dimainkan menggunakan satu komputer (single computer) atawa dua komputer (network mode).

VBA 1.8.0 beta 3

Ini adalah versi original dari seluruh versi 'forked' vba, ada beberapa fitur yang tidak ada dalam gameboy asli seperti save state, cheat (hanya versi windows), auto-fire, dsb. Kalian juga dapat mengubah config joystick seperti emulator pada umumnya. 
Download: emulator zone (direct link)
VBA Link 

Fitur dari emulator ini adalah dapat menjalankan mode multiplayer menggunakan 1 atau 2 komputer. Setelah adanya update terbaru, sekarang vba link sudah support wireless connection. Dan tak usah khawatir, emulator ini juga mendukung 1 - 4 pemain

Download: vbalink (boleh pilih versi 1.7.2 atawa 1.8)
Tips:
  • Jika menggunakan satu komputer, buka 2 emulator secara bersamaan kemudian hapus centang pada Option > Emulator > Pause when inactive window. Jangan lupa ubah config joystick untuk player 1 dan player 2
  • Cara mengaktifkannya, buka Option Link ->Settings (Ctrl+M) pilih single computer
  • Untuk versi wireless pokoknya harus ada server dan client, untuk lebih lengkapnya silahkan cek website vbalink diatas.
VBA-M (VBA-Merge)

Semua fitur terbaru vba ada disini. Saya sarankan kalian langsung menggunakan versi ini karena banyak bug di vba sebelumnya yang telah diperbaiki. Anyway, ane belum pernah test-drive sama vba yang satu ini.
sourceforge <-- Download | Forum Thread --> VBA-M Forum

BASIC CONTROL

Arrow keys - direction
Z - Button A
X - Button B
A - Button L
S - Button R
Enter - Start
Backspace - Select
Speedup - Space
Capture - F12
*Ubah config di Options ->Joypad ->Configure

Untuk mendapatkan ROM, ada banyak sekali penyedia ROM gratis di internet seperti coolrom.com, romhustler.netemuparadise.me, dsb. Kalian bisa mengunduhnya disana, namun alangkah baiknya jika ROM yang kalian gunakan berasal dari catridge original game boy. Tunggu dulu, sobat juga bisa memainkan gameboy di raspberry lho...

HAPPY VIDEO GAMING!

en.wikipedia.org

Silahkan:;

About this blog

A kind of blog or maybe not which reviews popular video games culture featuring Anime category and Random Stuffs, go find your favorite and enjoy your reading! Thank you for visiting! \:D/

0 komentar :

Posting Komentar

Templateism | The Globe Press